Kesibukan Kerja Tidak Mengurangi Semangat Berkurban

Serang – Di tengah kesibukan melaksanakan kegiatan pemeriksaan, para pegawai BPK Perwakilan Provinsi Banten menyempatkan melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban. Pemotongan dilaksanakan di halaman belakang kantor perwakilan, atas dua ekor sapi yang merupakan gabungan dari 14 orang pengurban, dan satu ekor kambing.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Dzulhijjah 1440 H bertepatan dengan 13 Agustus 2019. Pemotongan dilaksanakan pada hari kedua setelah hari raya Idul Adha, agar para pegawai dapat terlibat langsung dalam prosesi pemotongan hewan kurban. Kegiatan diawali dengan kata sambutan dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Agus Khotib. Dalam sambutannya Kepala Pewakilan mengharapkan para shohibul kurban juga memperhatikan sunnah-sunnah sebelum pelaksanaan pemotongan hewan seperti tidak memotong rambut dan bulu-bulu di tubuh sejak masuk awal bulan Dzulhijjah sampai dengan pelaksanaan pemotongan hewan. Selain itu kepala perwakilan juga berharap kegiatan ini juga dapat dijadikan momen untuk meningkatkan saling kerja sama diantara para pegawai dan keluarga besar BPK Perwakilan Banten. Diharapkan daging kurban ini dapat bermanfaat bagi yang berhak menerimanya, dan dapat menumbuhkan rasa persaudaraan dan kepedulian kita terhadap masyarakat sekitar terutama warga yang kurang mampu.

Setelah sambutan Kepala Perwakilan, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban dari shohibul kurban, Wizar Dien Yatim kepada Ketua Pengurus Mushola BPK Perwaklan Banten, Sholihin, untuk selanjutnya dilakukan pemotongan. Selepas pemotongan, kegiatan dilanjutkan dengan pengulitan, dan penyincangan, serta pembungkusan daging hewan qurban dengan melibatkan para pegawai, satpam dan tenaga kebersihan BPK Perwakilan Provinsi Banten. Pelaksanaan qurban ini menghasilkan 300 kantong plastik daging yang langsung dibagikan kepada mereka yang berhak yakni fakir miskin di lingkungan kantor perwakilan, beberapa pesantren, dan beberapa pegawai kantor perwakilan, serta sedikit daging dimasak untuk dinikmati oleh seluruh pegawai yang telah membantu prosesi pelaksanaan pemotongan hewan qurban. Kecerian terpancar di wajah seluruh pegawai dan keluarga besar BPK Perwakilan Banten, pada saat menikmati hidangan daging kurban, di tengah kelelahan selepas melaksanakan proses pemotongan hewan kurban. Semoga tahun depan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dapat terus berlanjut di lingkungan Kantor BPK Perwakilan Provinsi Banten. Allohu akbar Allohu akbar Allohu akbar Walillahilhamdu.