BPK Gelar Media Workshop

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Banten mengadakan Media Workshop bertema ”Memahami Laporan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah”, di Ruang Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Banten. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih lanjut terkait Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, acara Media Workshop tahun ini tidak hanya mengundang media – media yang ada di Provinsi Banten namun juga mengundang Inspektorat dan para Kepala Bagian Humas Pemerintah Daerah se-Provinsi Banten. Pembicara dalam workshop ini adalah Kepala Perwakilan, Yusnadewi, dan Kepala Sub Auditorat, Widhi Widayat. Sedangkan sebagai Moderator dalam acara ini adalah Kepala Sekretariat Perwakilan, Sidik Sardjoko.

Pada sesi pertama, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Yusnadewi, memaparkan  gambaran umum tentang BPK. Beliau menjelaskan beberapa poin yang perlu untuk diketahui oleh media seperti Dasar Hukum BPK, Kedudukan Konstitusi, Nilai – nilai BPK,Tugas dan Wewenang BPK, dan Pimpinan BPK RI. Sedangkan pada sesi kedua, Kepala Sub Audiutorat, Widhi Widayat, memaparkan materi terkait dengan memahami temuan BPK. Beliau menjelaskan kepada peserta bahwa di dalam Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah terdapat tiga buah buku laporan yang terdiri dari Buku I yang memuat Opini, Buku II yang memuat temuan – temuan terkait kelemahan Sistem Pengendalian Intern, dan Buku III yang memuat temuan – temuan terkait ketidakpatuhan terhadap peraturan.

Kegiatan ini diharapkan menjadi alat komunikasi kepada media dan masyarakat, sehingga masyarakat luas dapat mengetahui sampai sejauh mana transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang dilakukan oleh Pemerintah.

                                               DSC_0036