NOTA KESEPAHAMAN
ANTARA
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
REPUBLIK INDONESIA
DAN
PEMERINTAH KOTA CILEGON
NOMOR: 56/NK/I-XIII.2/2/2011
NOMOR: 900/10-Huk/2011
TENTANG
PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI
UNTUK AKSES DATA PADA PEMERINTAH KOTA CILEGON
DALAM RANGKA PEMERIKSAAN PENGELOLAAN
DAN TANGGUNG JAWAB KEUANGAN NEGARA
Pada hari ini, Kamis, tanggal dua puluh empat, bulan Februari, tahun dua ribu sebelas, bertempat di Serang, kami yang bertanda tangan di bawah ini:
1. I Nyoman Wara : Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Banten, yang berkedudukan dan berkantor di Jalan Palka Nomor 1, Palima, Serang, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.
2. H. Tb. Iman Ariyadi : Walikota Cilegon, yang berkedudukan dan berkantor di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 2 Kota Cilegon, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Pemerintah Kota Cilegon, selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.
Selanjutnya, PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama disebut PARA PIHAK.
PARA PIHAK terlebih dahulu menerangkan dan menyatakan hal-hal sebagai berikut:
- bahwa sesuai dengan ketentuan Pasal 10 huruf a dan huruf b Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dan Pasal 9 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan, BPK memiliki kewenangan untuk meminta dokumen yang wajib diberikan setiap orang serta mengakses data dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;
- bahwa berdasarkan Pasal 6 ayat (2) huruf c Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Gubernur/Bupati/Walikota selaku kepala pemerintahan daerah untuk mengelola keuangan daerah dan mewakili pemerintah daerah dalam kepemilikan kekayaan yang dipisahkan;
- bahwa berdasarkan Pasal 10 ayat (1) huruf a dan Pasal 10 ayat (2) huruf e Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Kekuasaan pengelolaan keuangan daerah dilaksanakan oleh kepala satuan pengelola keuangan daerah selaku pejabat pengelolaan APBD dan mempunyai tugas menyusun laporan yang merupakan pertangungjawaban APBD;
Selanjutnya, dengan memperhatikan Peraturan Perundang-Undangan di bawah ini:
- Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);
- Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);
- Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4400);
- Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437), sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);
- Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2006 tentang Badan Pemeriksa Keuangan (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2006 Nomor 85, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4654);
- Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 58, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);
- Peraturan Pemerintah Nomor 58 tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 140, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4578);
- Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2007 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kerjasama Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4761);
- Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007;
10. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2009 tentang Petunjuk Teknis tentang Tata Cara Kerjasama Daerah.
Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, PARA PIHAK sepakat untuk membuat Nota Kesepahaman tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data pada Pemerintah Kota Cilegon dalam Rangka Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dengan ketentuan sebagai berikut:
BAB I
KETENTUAN UMUM
Bagian Kesatu
Pengertian
Pasal 1
Dalam Nota Kesepahaman ini, yang dimaksud dengan :
- Pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, objektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
- Data PIHAK KEDUA adalah data milik Pemerintah Kota Cilegon yang diperlukan BPK dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
- Akses Data Pemerintah Kota Cilegon adalah suatu cara atau metode untuk melihat, mengirim, mengambil, dan menggunakan Data Pemerintah Kota Cilegon dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
- Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem aplikasi komputer, infrastruktur jaringan komunikasi, dan prosedur yang digunakan untuk mengakses Data Pemerintah Kota Cilegon.
Bagian Kedua
Tujuan
Pasal 2
Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk mewujudkan hubungan kerja sama pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
BAB II
RUANG LINGKUP DAN PELAKSANAAN
Bagian Kesatu
Ruang Lingkup
Pasal 3
Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon, yang terdiri dari:
- sistem aplikasi komputer;
- infrastruktur jaringan komunikasi; dan
- prosedur Akses Data.
Pasal 4
(1) Data Pemerintah Kota Cilegon yang diperlukan dalam Sistem Informasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 meliputi:
a. data anggaran;
b. sistem informasi manajemen pengelolaan keuangan;
c. sistem informasi pengelolaan aset/barang milik daerah (BMD);
d. data selain huruf a, huruf b, dan huruf c yang diperlukan dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;
e. peraturan perundang-undangan yang terkait dengan pengelolaan keuangan negara di lingkungan Pemerintah Kota Cilegon; dan
- hasil pengawasan internal.
(2) PIHAK KEDUA menyediakan data pemeriksaan keuangan sebagaimana yang dimaksud pada ayat (1) secara bertahap sesuai kesiapan PIHAK KEDUA.
Bagian Kedua
Pelaksanaan
Pasal 5
Dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon, kewajiban PARA PIHAK diatur sebagai berikut:
- PIHAK KEDUA menyediakan sistem jaringan komunikasi internal sampai dengan Gateway PIHAK PERTAMA;
- PIHAK PERTAMA menyediakan sistem jaringan komunikasi antara Gateway PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA;
- PIHAK KEDUA menyediakan server untuk menampung Data Pemerintah Kota Cilegon agar dapat diakses oleh PIHAK PERTAMA;
- PIHAK PERTAMA menyediakan server untuk menampung Data Pemerintah Kota Cilegon yang diakses dari PIHAK KEDUA; dan
- PIHAK PERTAMA memasang/menyediakan aplikasi miliknya atau yang berada di bawah penguasaannya, yang diperlukan agar dapat terjadi Akses Data antara PARA PIHAK.
Pasal 6
(1) PIHAK PERTAMA dapat melaksanakan Akses Data Pemerintah Kota Cilegon secara online dalam pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
(2) PIHAK KEDUA menjamin keberlangsungan aplikasi dan ketersediaan data dalam Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon.
Pasal 7
Dalam rangka pengembangan dan pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon, PARA PIHAK melakukan kegiatan sebagai berikut:
- menyiapkan dan mengadakan infrastruktur pendukung Akses Data Pemerintah Kota Cilegon;
- menyiapkan jenis dan format Data Pemerintah Kota Cilegon;
- melakukan uji coba Akses Data Pemerintah Kota Cilegon secara online;
- menyusun tata cara dan keamanan sarana Akses Data Pemerintah Kota Cilegon;
- melakukan implementasi Akses Data Pemerintah Kota Cilegon;
- melakukan pengawasan;
- melakukan evaluasi dan penyelesaian masalah; dan
- melakukan kegiatan lain dalam rangka menunjang kelancaran pelaksanaan Akses Data Pemerintah Kota Cilegon.
Pasal 8
Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan Nota Kesepahaman ini diatur dengan Petunjuk Teknis berdasarkan persetujuan PARA PIHAK.
Bagian Ketiga
Tanggung Jawab
Pasal 9
(1) PIHAK KEDUA menjamin bahwa Data Pemerintah Kota Cilegon yang disediakan melalui Sistem Informasi untuk Akses Data merupakan data yang lengkap sesuai permintaan PIHAK PERTAMA dan sesuai dengan kondisi sebenarnya dalam Sistem Informasi PIHAK KEDUA.
(2) PIHAK PERTAMA menjamin bahwa Sistem Informasi untuk Akses Data Pemerintah Kota Cilegon digunakan hanya untuk kepentingan pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.
Pasal 10
(1) Dalam rangka melaksanakan kegiatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7, PARA PIHAK membentuk Tim Kerja.
(2) Tim Kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan masing-masing PIHAK.
BAB III
RAPAT KOORDINASI
Pasal 11
(1) Dalam rangka evaluasi, pengembangan, dan penyelesaian masalah dalam melaksanakan Nota Kesepahaman ini, PARA PIHAK dapat melakukan rapat koordinasi.
(2) PARA PIHAK dapat menunjuk pejabat di lingkungannya masing-masing untuk melakukan rapat koordinasi.
BAB IV
PEMBIAYAAN
Pasal 12
Biaya yang timbul dari pelaksanaan Nota Kesepahaman ini dibebankan pada Anggaran Belanja masing-masing PIHAK.
BAB V
PENYELESAIAN PERSELISIHAN
Pasal 13
Perselisihan yang mungkin timbul dari Nota Kesepahaman ini akan diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat oleh PARA PIHAK.
BAB VI
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 14
(1) Nota Kesepahaman ini mulai berlaku pada hari dan tanggal penandatanganan oleh PARA PIHAK.
(2) Hal-hal yang belum diatur atau belum cukup diatur dalam Nota Kesepahaman ini akan diatur berdasarkan kesepakatan PARA PIHAK dan dituangkan secara tertulis dalam suatu perubahan (addendum), yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepahaman ini.
Nota Kesepahaman ini dibuat rangkap 2 (dua) asli dan ditandatangani oleh PARA PIHAK, rangkap pertama dan rangkap kedua mempunyai kekuatan hukum yang sama.
|
|
|
PIHAK KEDUA,
H. TB. IMAN ARIYADI |
|
PIHAK PERTAMA,
I NYOMAN WARA |