Serang, 1 Juni 2024 – BPK Perwakilan Provinsi Banten melaksanakan upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 pada Sabtu, 1 Juni 2024 di halaman Kantor BPK Perwakilan Provinsi Banten, Serang. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten, Dede Sukarjo.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045” diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai dilingkungan BPK Perwakilan Provinsi Banten.

Dalam Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi, yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan, Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya”.