Mengenalkan Peran BPK Kepada Para Siswa SMKN 1 Pandeglang

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman belajar siswa Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pandeglang melakukan kunjungan ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Banten pada Selasa, 12 Desember 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Banten, Dede Sukarjo sebagai pembicara utama. Di hadapan ratusan siswa dari sekolah tersebut, Kepala Perwakilan menyampaikan Peran BPK dalam Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara.

Kepala Perwakilan menjelaskan pengelolaan keuangan negara merupakan sarana untuk mencapai tujuan bernegara. Agar tujuan bernegara dapat diwujudkan, pemerintah wajib melaksanakan pengelolaan keuangan negara secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis dan transparan dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan. “Oleh karena itu, BPK mempunyai peran yang strategis dalam upaya mendorong tercapainya tujuan tersebut melalui pemeriksaan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara/daerah.” ungkapnya.

Dalam Pasal 1 Angka 1 UU 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara, dijelaskan bahwa Pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, obyektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK dibagi menjadi tiga jenis, yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Dalam Pasal 20 UU No. 15 Tahun 2004 menyebutkan Pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan. Pejabat wajib memberikan jawaban atau penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut atas rekomendasi dalam laporan hasil pemeriksaan.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPK juga memberikan memotivasi para pelajar untuk menggapai hal yang dicita-citakan dengan terus semangat dalam belajar dan ikut aktif dalam berorganisasi sejak dini.

Kegiatan ini mendapat respon yang sangat positif dari para siswa. Hal ini ditunjukkan dari antusiasme para siswa yang terlihat penuh semangat dan keceriaan selama kegiatan. Selain itu, terlihat keaktifan para siswa dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang diajukan. Beberapa pelajar langsung dapat memahami dan menjelaskan kedudukan BPK hingga tugas dan wewenang BPK.

Mengikuti perkembangan digital saat ini,  BPK Perwakilan Provinsi Banten menggunakan aplikasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran dengan basis permainan digital atau Digital game based Learning. Sesi tersebut sangat mencuri perhatian para siswa karena menurut mereka menggunakan media seperti ini membuat kegiatan belajar menjadi sangat menyenangkan. “Kami menjadi lebih semangat untuk mengenal BPK  jika dengan menggunakan kuis-kuis seperti ini. Lebih menarik.” ungkap salah seorang siswa.

Kunjungan sekolah seperti ini telah beberapa kali dilaksanakan oleh BPK Perwakilan Provinsi Banten dengan tujuan memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat khususnya pelajar di Provinsi Banten agar memahami pentingnya akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara.