Wakil Ketua Goes to Campus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, Bahrullah Akbar  menyampaikan kuliah umum kepada civitas akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa di Cilegon, pada Kamis (16/11).

Dengan mengusung tema “Peran BPK dalam Mendukung Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara” Wakil Ketua BPK RI memaparkan mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK ke hadapan lebih dari 200 orang peserta kuliah umum.

Selain itu, terdapat pula pemaparan mengenai visi dan misi BPK RI dalam mencapai tujuan bernegara.

Wakil Ketua BPK mengatakan, bahwa BPK adalah lembaga negara yang bertugas untuk memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945.

“Dengan tugasnya tersebut, BPK memiliki peran memastikan pengelolaan keuangan negara tersebut dapat mewujudkan tujuan negara yang dicetuskan oleh para founding fathers yaitu mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” jelasnya.

Kuliah umum ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada publik khususnya akademisi mengenai tugas, fungsi dan wewenang BPK serta tentang keuangan negara. Selain itu, diharapkan juga dapat menjalin dialog yang positif antara BPK dan civitas akademisi sebagai langkah awal bersama-sama mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.